Wednesday, January 12, 2011

Gunung Talakmau (3.005 mdpl)

Gambaran Umum
Gunung Talakmau terletak di Kabupaten Pasaman (Lubuk Sikapiang sebagai ibukota kabupaten), tepatnya pada Kecamatan Simpang Empat, dengan titik awal pendakian di Desa Pinaga. Mata pencarian penduduk umumnya bertani atau berkebun.Dari Padang, ada 2 jenis kendaraan umum yang dapat digunakan, yang bisa ditemukan di Terminal Regional Bingkuang, Aie Pacah. Yang pertama angkutan bus biasa dengan ongkos Rp 10.000,- dengan lama perjalanan sekitar 6 jam, dan yang lainnya adalah bus SE 21 dengan ongkos Rp 15.000 dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.
Gunung Talakmau (3.005 mdpl) oleh Gufron P 158 GP
Rute Perjalanan / Pendakian
Gunung Talakmau (3.005 mdpl) oleh Gufron P 158 GP
Untuk melakukan pendakian ke Gunung Talakmau, sebaiknya anda melengkapi dengan surat-surat perjalanan dari organisasi masing-masing. Sedangkan untuk pendaki putri, sebaiknya ditambah dengan surat izin dari orang tua masing-masing. Hal ini dikarenakan pada Pos Harimau Campo (tempat pelaporan pendakian) akan selalu ditanyakan oleh Daniel Zulekha yang diserahi tanggung jawab oleh Dinas Pariwisata Tk. II Pasaman untuk menjaga kelestarian Gunung Talakmau.
Gunung Talakmau (3.005 mdpl) oleh Gufron P 158 GP
Untuk start pendakian dari Harimau Campo, sebaiknya dilakukan sebelum jam 09.00 pagi. Hal ini bertujuan agar kita dapat mencapai dan bermalam di shelter III, disamping merupakan area paling aman untuk menginap, juga ada semacam pondok untuk bermalam. Sedangkan pada shelter I, disamping jarak yang masih terlalu dekat dengan Pos Harimau Campo, binatang rimba juga masih banyak berkeliaran di area ini. Pada shelter II, sebaiknya hanya digunakan untuk memasak makanan (makan siang), karena binatang rimba juga cukup banyak di area ini.
Gunung Talakmau (3.005 mdpl) oleh Gufron P 158 GP
Selain itu, hindarilah untuk menginap di daerah Padang Siranjano, karena sering dihantam badai.
Gunung Talakmau (3.005 mdpl) oleh Gufron P 158 GP
Sumber Air
Pada Harimau Campo, sumber air akan berada disebelah kiri pos tersebut, sekitar 50 m turun kebawah. Selanjutnya, pada shelter I berada di sebelah kiri (rute pendakian normal akan memotong aliran air tersebut).
Gunung Talakmau (3.005 mdpl) oleh Gufron P 158 GP
Kemudian pada shelter II berada dibagian sebelah kanan, dengan jarak sekitar 10 m ke bawah. Selanjutnya, pada shelter III (Bumi Sarasah) berada di sebelah kiri, dengan jarak sekitar 30 m. Dan kemudian, pada daerah Padang Siranjano anda dapat memilih sumber air yang anda suka (ada 13 buah telaga).
Gunung Talakmau (3.005 mdpl) oleh Gufron P 158 GP
Catatan:
Bagi pendaki putri yang berencana naik Gunung Talakmau, sebaiknya membawa minimal 1 orang rekan putrinya yang lain, karena biasanya Daniel tidak pernah mengizinkan satu orang saja pendaki putri naik ke puncak Talakmau, dan sebaiknya juga membawa 2 buah tenda seandainya dalam rombongan itu ada ada pendaki putra dan putri. 

sumber.  maprog.org

No comments:

Post a Comment