Monday, January 10, 2011

Labuan Bajo Jembatan Menuju Taman Nasional Komodo

Sebelum mengunjungi Taman Nasional Komodo (TNK), Anda terlebih dahulu harus singgah di Labuan Bajo, sebuah pelabuhan kecil yang indah di ujung barat Pulau Flores. Ini merupakan pintu masuk ke TNK dan keajaiban Pulau Flores lainnya.

Bila datang saat matahari terbenam, Labuan Bajo akan menawarkan pemandangan spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang terlihat dari pelabuhan secara dramatis akan menciptakan efek yang memesona.

Hampir semua tempat menarik di Labuan Bajo terletak di pulau-pulau yang bisa terlihat dari pelabuhan. Kebanyakan masih kosong sehingga Anda bisa merebahkan tubuh di tepi pantainya sambil menikmati cahaya matahari, atau coba juga kegiatan snorkeling.

Pulau Bidadari misalnya memiliki pantai yang indah untuk berjemur dan menyelam. Pulau Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga menarik untuk kegiatan menyelam. Sementara Pulau Serayu memiliki pasir putih dan karang yang indah.

Untuk wisata kuliner, Anda bisa berkunjung ke restoran Gardena di Hotel Gardena yang menjadi favorit para pengunjung. Restoran ini terkenal dengan ikan asam manisnya (kerapu atau ikan tuna) dan pemandangannya yang menakjubkan saat matahari terbenam. Restoran lainnya adalah Paradise Bar dan Lounge (dekat Golo Hilltop), Arto Moro, dan Matahari.

Bila ingin mencari buah tangan, Anda bisa berkunjung ke Jalan Yos Sudarso di Labuan Bajo. Di sana, Anda dapat menemukan kain ikat lokal, kain songket tenun, dan patung kayu komodo. Pedagang juga menjual kalung budidaya mutiara yang gagal, yang dirangkai menjadi suvenir indah.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo dan Flores, Anda dengan mudah bisa menemukan agen perjalanan, operator selam, perahu motor, atau liveaboards untuk membawa Anda ke TNK.

Di Labuan Bajo Anda juga bisa menyewa mobil untuk berkunjung ke pedalaman Flores, Gunung Kelimutu dan Maumere. Tingkat harga tergantung pada negosiasi, biasanya harga yang ditawarkan berkisar Rp500 ribu per hari.

Selain mobil sewaan, untuk mobilitas dalam kota, Anda bisa menggunakan jasa bemo dan taksi motor, tetapi hanya beroperasi sampai 21.00 Wita. Jika ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, kapal motor dan kapal cepat tersedia di pelabuhan.

Akses menuju Labuan Bajo dapat ditempuh melalui perjalanan udara. Sebelum berangkat pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk dan obat anti malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim sunblock, topi, dan kacamata hitam, karena udara di sini sangat panas selama musim kemarau. (indonesia.travel/*/OL-06)

No comments: