Saturday, March 12, 2011

sekilas tentang Gunung Burangrang

Gunung Burangrang

Sekali waktu, ujilah kebugaran fisik Anda dengan perjalanan yang agak menantang, yaitu mendaki gunung. Bandung yang memang dilingkupi gunung akan membuat Anda bebas memilih gunung mana yang ingin Anda daki, semuanya menarik. Panorama alam dan catatan sejarah yang menghadirkannya telah menjadi kesatuan tak terpisahkan. Salah satu dari gunung yang membentengi Kota Bandung itu adalah Gunung Burangrang.
Gunung ini tingginya 2.064 meter di atas permukaan laut. Terletak di Kawasan Bandung Utara (KBU), terpisah oleh sebuah lembah besar dengan Gunung Tangkubanparahu. Burangrang termasuk gunung api parasit tua, sehingga telah memiliki lembah-lembah dengan sayatan dalam dan lereng yang curam. Dalam legenda Sangkuriang, gunung ini terbentuk dari ranting-ranting (rangrang) pohon yang digunakan Sangkuriang untuk membuat perahu. Saat marah akan kegagalannya, Sangkuriang menendang perahu hingga menjelma sebagai Gunung Tangkubanparahu, sedangkan ranting-ranting pohonnya kemudian menjelma sebagai Gunung Burangrang.
Pendakian ke gunung ini bisa dilakukan dari arah Bandung dan Purwakarta. Jika mendaki dari Bandung, kita bisa memilih beberapa jalur, antara lain melalui Pasir Kuning, Legok Haji atau jalur Lawang Angin. Jalur-jalur itu memang terdiri dari jalan setapak yang menanjak membelah hutan dan biasa di selesaikan dalam dua hingga tiga jam perjalanan. Berhati-hatilah, banyak medan berbahaya dan kabut tebal bisa muncul menghalangi pandangan Anda.
Puncak Burangrang ditandai dengan sebuah tugu (titik penanda ketinggian). Dari puncak, kalau cuaca cerah dan tidak berkabut, Anda bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan ke arah Situ Lembang yang hanya terlihat sebagai genangan kecil di tengah cekungan yang dikelilingi pegunungan. Cekungan itu tak lain dari bekas titik letusan yang sangat luas (kaldera) dari gunung api purba yang bernama Gunung Sunda. Jadi, pegunungan yang membentengi Situ Lembang adalah dinding kawah yang dihasilkan oleh letusan yang sangat dahsyat. Anda harus menikmatinya karena apa yang Anda lihat adalah pemandangan langka yang tak bisa dilihat semua orang. Nikmatilah sambil menghirup kesegaran oksigen pegunungan.

sumber: http://www.potlot-adventure.com/2008/12/01/gunung-burangrang/

No comments: